Jumat, 22 November 2013

Belajar PTI bersama


Istilah-istilah pada PTI
ASCII (American Standard Code for Information Interchange) Kode biner yang dipakai mikrokomputer. Selain memiliki karakter konvensional, ASCII versi baru yang disebut Extebted ASCII bias mencakup karakter-karakter lain, semisal symbol matematis dan huruf-huruf Yunani. ASCII adalah kode biner yang secara luas dipakai pada mikrokomputer.
Baca (read) Mentransfer data dari sumper input ke memori atau CPU komputer. Operasi baca dan tulis adalah aktivitas utama komputer.

Bahasa mesin Kode biner (bahasa) yang dipakai secara langsung oleh CPU. Bagi komputer, angka 0 dan 1 adalah representasi yang sangat tepat untuk operasi dan lokasi penyimpanan file.Agar bias dijalankan, program komputer harus berupa bahasa mesin sehingga bias di eksekusi secara langsung oleh komputer.

Bay Rak atau bukaan ytang digunakan untuk memasang peralatan elektronik, biasanya untuk hardisk drive atau DVD drive.Melalui bay, kapasitas komputer bias ditingkatkan (melalui ekspansi). Biasanya komputer mempunyai 4-8 buah bay.
  
Bit Singkatan dari “binary digit” (digit biner), yaitu angka 0 atau 1 dalam system biner sebagai representasi data komputer. Bit adalah elemen dasar dari semua data dan informasi yang diproses dan disimpan pada komputer.

Bit paritas. Disebut juga bit pemeriksa: bit tambahan yang ditempatkan diposisi akhir sebuah byte. Bit paritas dipakai untuk tujuan pemeriksaan akurasi, yaitu memeriksa kesalahan (eror) selama transmisi. Bit pemeriksa disusun menurut skema pengkodean yang didesain di komputer.

Blu-ray Format optik Blu-ray dibuat agar mampu merekam, menulis ulang, memutar video (HD (high-definition) serta bias pula dipakai untuk menyimpan data yang berukuran sangat besar. Meskipun disk CD/DVD dan Blu-ray berukuran sama, Blu-ray mampu membuat lebih banyak data.

Bus Jalur data elektrik untuk mentransimisikan bit-bit dalam CPU dan antara CPU dengan komponen-komponen lain di motherboar. Bus mirip jalan raya dengan banyak jalur, semakin banyak jalurnya, bit-bit pun semakin cepat ditransfer.

Bus AGP (Peripheral component interconnect) Bus mampu mensmisikan data dengan kekcepatan tinggi; didesain untuk mendukung video dan gambar 3D. Transmisi data pada bus AGP dua kali lebih cepat daripada bus PCI.

Bus PCI (peripheral componen interconenct). Bus berkecepatan tinggi dengan lebar 32 – 64 bit. Bus PCI dipakai secara luas untuk menghubungkan kartu grafis PC, kakrtu suara, modem dan kartu jaringan berkecepatan tinggi dalam komputer.

Byte. Sebuah kelompok yang berisi 8 bit Sehingga byte merepresentasikan sebuah karakter, digit atau nilai lain. Byte merupakan unit terkecil dalam satuan pengukuran kapasitas penyimpanan, baik memori utama maupun penyimpanan sekunder (kilobyte dan megabyte).

Cache. Area memori berkecepatan tinggi pada sebuah chip sehingga CPU dapat mengangses dan menyimpan instruksi serta data yang sering digunakan komputer secara temporer dan cepat. Chase berfungsi untuk mempercepat pemrosesan.

CD-R (compact disk-recordable). Penyimpanan sekunder berbenduk disk optik yang hanya dapat ditulis satu kali, tetapi dapat dibaca berulang kali. Kita bias membuat disk CD sendiri meskipun proses pembuatannya agak lama. Sekali ditulis, informasi yang tersimpan tidak akan bias dihapus. CD-R sering digunakan oleh banyak perusahaan untuk keperluan pengaripan-yaitu, menyimpan informasi yang berukuran sangat besar. Contoh varian CD-R adalah Photo CD, yakni disk optik buatan Kodak yang dapat menyimpan foto film secara digital, meskipun foto diambil dengan kamera 35 mm biasa.

CD-ROM (Compac disk read-only memory) Penyimpanan sekonder berbentuk disk optikal yang dipakai untuk menangani gambar, teks, dan suara yang telah direkam sebelumnya. Sebagaimana CD musik, CD-ROM juga merupakan disk read-only, karena disk hanya dibuat pertama kali ketika diproduksi dan tidak dapat ditulisi ulang atau dihapus oleh pengguna CD-ROM tersebut. Satu disk CD-ROM mampu menyimpan data hingga 650 megabyte atau setara dengan tulisan sepanjang 300.000 halaman.

CD-RW (Compact disk-rewritable). Penyimpanan sekunder berbentuk disk optik yang isinyta dapat dihapus sehingga memakai CD bias menyimpan dan menghapus data agar CD bias dipakai dan dipakai lagi. Diperlukan dive dan perangkat lunak khusus untuk CD-RW. Disk CD-RW juga bermanfaat untuk pengarsipan dan backup data berukuran besar dan dalam produksi file multimedia atau desktop publishing. Meski demikian CD-RW relatif lambat.

Chip. Disebut juga microchip atau integrated circuit, si ikon mini yang berisi jutaan IC mikrominiatur. Silikon adalah suatu elemen yang sering terdapat pada tanah liat atau pasir dan bersifat semikonduktor. Alasan penting: Dengan adanya chip, komputer bias berkembang dalam ukuran yang makin kecil.

Chip MOS (Complementary metal-oxyde semiconductor) Chip yang memperoleh arus listrik dan baterai sehingga isi CMOS tidak akan hilang saat komputer dimatikan.Chip SMOS berisi instruksi-instruksi star up yang bersifat fleksibel-misalnya jam, tanggal, dan kalender-yang dituntut harus sesuai dengan kalender sehari-hari meskipun komputer dimatikan. Tidak seperti chip ROM, chip CMOS dapat diprogram ulang, misalnya ketika anda hendak mengubah waktu pada komputer.

Chip jenis Intel. Chip prosesor untuk PC, produsen utamanya adalah Intel Corporation atau Advanced Micro Devices (AMD), tetapi Cyrix, DEC dan lain-lain juga ikut memproduksi chip jenis ini. Chip-chip ini digunakan pada mikrokomputer buatan Deli, Gateway, Hawlett-Packard, dan lain-lain. Sejak tahun 1993, Intel memasarkan chip buatannya dengan merk “Pentium”, “Pentium Pro”, Pentium II”, “Pentium III”, “Pentium IV” (P4, “Celeron”, “Xeon”, atau “Itanium”, Banyak iklan PC memakai logi “Intel Inside” untuk menunjukkan bahwa komputer tersebut bekerja pada mikroprosesor Intel.

Chip jenis Motorola. Mikroprosesor buatan Motorola untuk mengoperasikan komputer Apple Macintosh. Sejak tahun 1993 sampai hadirnya Power PC, Motorola menyediakan alternatif selain chip tipe Intel untuk mikrokomputer PC.

Chip memori Flash. Chip yang dapat dihapus dan diprogram ulang lebih dari sekali (tidak seperti chip PROM yang hanya dapat diprogram satu kali).Memori flash, yang memiliki kapasitar berkisar antara 32 – 128 megabyte, dipakai untuk menyimpan program-program, bukan hanya di komputer pribadi, tetapi juga di pager, ponsel, pemutar MP3, DPA Palm, Printer dan kamera digital. Berbeda dengan chip RAM, memori flash bersifat nonvolatile: data masih ada ketika listrik mati.

Chip PowerPC Rumpun prosesor yang dikembangkan oleh Aple, Freestone, dan IBM untuk komputer Aple Macintosh, misalnya seri G5.Keunggulan PoserPC adalah bahwa dengan konfigurasi perangkat keras dan perangkat lunak tertentu, sebuah komputer Macintosh dapat menjalankan perangkat lunak aplikasi PC seperti layaknyta perangkat lunak Mac.

Chip RAM Disebut juga penyimpan primer dan memori utama; Chip yang secara temporer menyimpan instruksi perangkat lunak dan atas sebelum dan sesudah diproses oleh CPU. RAM bersifat volatile. RAM adalah area kerja di komputer Anda. Jumlah RAM yang mencukupi sangat dibutuhkan agar Anda bias menjalankan banyak program perangkat lunak.

Chipset. Sejumlah chip di motherboard yang paling terhubung dan berfungsi untuk mengontrol lalu lintas informasi antara mikroprosesor dan komponen system lain yang bersambung ke motherboard. Jenis chipset menentukan jenis prosesor, memori dan kartu video yang bias bekerja pada motherboard yang sama. Chipset juga berfungsi untuk menentukan perangkat keras multimedia, alat penyimpanan, jaringan dan komponen-komponen lain yang bias didukung oleh motherboard.

CPU (Central Processing Unit). Prosessor; CPU mengerjakan instruksi perangkat lunak (program) untik mengubah data ke dalam bentuk informasi. CPU terdiri dari 2 bagian : (1) unit kontrol dan (2) Unit aritmetika/logika (ALU) yang masing-masing berisi register atau area penyimpanan berkecepatan tinggi. Semua komponen CPU ini terhubung dengan “jalan raya” elektronik yangt dinamakan bus. CPU atalah “otak” komputer.

Disk Optik. Disk removable yang memiliki diameter 4,75 inci, tebal seperduapulun inci, dan data bias ditulisi serta dibaca dengan sinar laser. Satu CD audio bias membuat 74 menit (setara 2 miliar bit) suara stereo berkualitas tinggi. Ada beberapa jenis disk optik juga dipakai sebagai penyimpanan data digital, meskipun sebagian besar disk optik digunakan untuk mendistribusikan program-program multimedia yang mengkombinasikan teks, visual dan suara.

Drive memori flash. Disebut drive USB flash, keychain drive, atau key drive, berupa modul memori flash sebesar jari yang bisa dicolokkan ke port USB pada PC atau Macintosh. Drive memori flas ini mampu menyimpan data hingga 2 gigabyte, sehingga drive ini akan sangat berguna bagi anda yang bepergian dari rumah ke kantor tanpa laptop. Ketika anda memasang piranti ini ke port USB, komputer akan mengenalinya sebagai drive eksternal.

DVD-R (DVD-recordable). Disk DVD bisa digunakan untuk satu kali penulisan. DVD-R memberikan alternatif bagi pengguna untuk bisa menyimpan data yang berukuran besar.

DVD-ROM (Digital Versatile Disk atau digital video disk dengan read-only memory) Disk serupa CD yang memiliki kapasitas sangat tinggi sehingga bisa menyimpan data sebesar 4,7 gigabyte atau lebih. DVD-ROM merupakan media menyimpan sekunder yang cukup andal.

EBCDIC (Extended Binary Coded Decimal Interchange Code). Kode biner yang digunakan pada komputer-komputer besar. ABCDIC bisa digunakan pada mainframe.

Ekspansi. Peningkatan kapasitas komputer dengan cara menambah perangkat keras baru agar mampu melakukan tugas-tugas di luar cakupan system yang telah ada, ekspansi, pengguna bisa mengustomisasi dan atau meng-upgrade komputernya.

Evabyte (EB). Kira-kira sebesar 1 kwantiliun byte-yakni 1 miliar byte (1.024 petabyte atau 1 : 152.921.504.606.846.976 byte).Meski jarang digunakan, para ahli memperkirakan semua materi cetak di seluruh dunia kira-kira berukuran 5 exabyte.

FireWire. Port bus serial khusus dan ditujukan untuk alat-alat yang berhubungan dengan banyak data, bukan sekedar mouse dan keyboar, tetapi kamera video digital, pemutar DVD, konsol game, dan alat-alat audio digital. Kecepatan FireWire sebesar 400 megabits per detik, sedangkan USB hanya 12 megabits per detik.

Flop. Kependekan dari “floating-point operation per second”. Operasi floating-point sendiri merupakan kalkulasi matematik yang khusus. Satuan ini terutama digunakan pada supercomputer dan dinyatakan dalam megaflop (mflops atau jutaan operasi floating-point per detik), gigaflop (gflops, atau miliaran) dan teraflop (tflops atau triliunan).Satuan flop digunakan untuk menyatakan kecepatan pemroses pada supercomputer.

Floppy disk. Disebut juga disket atau “disk”, berupa lembaran plastik tipis dan datar yang terbungkus dalam penutup plastik 3.5 inci. Data dan program disimpan di disket dalam bentuk titik-titik magnetic, sesuai pola on/off standar dalam representasi data (misalnya ASCII). Pembungkus plastik tersebut melindungi disket dari sentuhan tangan manusia. Komputer edisi lama biasanya masih dilengkapi dengan floppy disk.

Gigabyte (G, GB). Kira-kira sebesar 1 miliar byte (1.073.741.824 byte). Ukuran kapasitas alat penyimpanan.  Satuan gigabyte digunakan pada komputer besar (mainframe). Tetapi, sekarang ini satuan gigabyte sudah umum dipakai untuk mengukur kapasitas penyimpanan sekunder (hardisk) mikrokomputer.

Gigahertz (GHz). Ukuran kecepatan rposesor generasi terbaru; satu miliar cycle per detik. Prossesor baru yang berkecepatan tinggi dibuat dengan biaya ratusan dolar lebih mahal daripada chip generasi sebelumnya. Oleh karena itu, para ahli merekomendasikan para pembeli untuk tidak terlalu risau akan kecepatan prosesor (karena sebagian besar orang memakai PC untuk kegiatan-kegiatan biasa yang masih dibawah ambang batas kemampuan perangkat keras komputer yang sebenarnyta), juga agar para pembeli tidak menghabiskan banyak uang untuk keperluan yang hanya bersifat “Ekstra”.

Hardisk. Media penyimpan sekunder, berupa piringan loga, glass atau keramik yang tipis tapi kaku dan dibungkus dengan sesuatu sehingga data dapat disimpan dalam bentuk titik-titik magnet. Hardisk terletak di unit hardisk drive tertutup untuk mencegah masuknya benda-benda asing ke dalamnya. Data bisa disimpan pada kedua sisi piringan disk. Semua mikorkomputer menggunakan hardisk sebagai media penyimpanan sekunder yang utama.

Hardisk nonremovable. Hardisk yang tetap berada didalam unit system komputer dan digunakan untuk menyimpan hampir semua program dan sebagian besar file data. Hardisk ini terdiri dari beberapa piringan logam atau glass berdiameter 1 sampai 5,25 inci (umumnya 3,5 inci), tersusun dalam bentuk kumparan, head baca/tulis pada lengan penggerak yang bergerak maju mundur, koneksi daya serta sirkuit. Cara kerja hardisk sama dengan disket. Head baca/tulis mencari instruksi atau file data sesuai lokasi track atau sector. Hardisk juga bisa berbentuk kartrid removable.Lihat Hardisk.

Hardisk removable. Dinamakan pula hard disk cartridge, satu atau dua piringan berikut head baca/tulis yang terlindung dalam pembungkus kaku serta bisa memasukkan ke kartrid drive pada unit system mikrokomputer. Biasanya memiliki kapasitas 80 gigabyte atau lebih.Hard disk cartridge bersifat portable seperti disket, tetapi kapasitasnya jauh lebih besar.

Head baca/tulis. Mekanisme untuk mentransfer data antara komputer dan disk. Saat ini disk berputar di dalam plastik pembungkus, head baca/tulis bergerak maju mundur melalui area akses data di disk. Head baca/tulis sangat berperan dalam membaca dan menulis data.

Integrated circuit. Kesatuan sirkuit elektronik, termasuk kawat yang membentuk “chip” tunggal dari bahan khusus (biasanya silicon). Dahulu, transistor diproduksi per biji dan kemudian disatukan dalam sirkuit elektronik dengan kawat dan solder. Semua komponen dalam sebuah IC disatukan dalam proses pabrikan tunggal.

Prosesor multicore. Chip mikrokomputer semisal AMD Athlon 64 x2, Intel Pentium D, dan IBM/Sony/ Toshiba Cell yang memiliki dua “inti” prosesor atau lebih pada setiap keeping silicon. Chip bisa mengerjakan banyak tuga dalam sekali waktu karena system operasi bisa membagi pekerjaan-pekerjaannya pada lebih dari satu prosessor.

Register. Area penyimpanan berkecepatan tinggi untuk menyimpan data sementara selama pemrosesan.  Register bisa menyimpan instruksi-instruksi program ketika sedang diterjemahkan, menyimpan data ketika masih diproses oleh ALU atau menyimpan data hasil perhitungan aritmetika.

ROM (read-only memory). Chip memori yang tidak dapat ditulisi atau dihapus oleh pengguna komputer tanpa alat-alat khusus. Chip ROM khusus berisi instruksi star-up yang sudah ditentukan sebelumnya. Oleh sebab itu, chip ROM diisi oleh pabrik pembuatannya dengan program-program yang berisi instruksi khusus untuk operasi dasar komputer, misalnya untuk menghidupkan komputer (BIOS) atau menampilkan karakter layar. Chip ROM bersifat non volatile sehingga isinya tidak akan hilang meskipun komputer tidak lagi dialiri listrik.

Sektor. Busur-busur arah yang berukuran kecil di dalam masing-masing track. Perangkat lunak system menggunakan titik irisan sector dan track sebagai penunjuk lokasi data.

Semikonduktor. Material-semisal silicon-yang memiliki sifat kelistrikan menengah, diantara konduktor listrik kuat dan non konduktor listrik. Cukup dengan menempatkan material konduktor pada material semikonduktor, maka sirkuit elektronik bisa dibuat. Semikonduktor adalah material tempat dibuatnya IC (chip).

Siklus mesin. Rangkaian operasi yang dilakukan oleh CPU untuk mengeksekusi sebuah instruksi program. CPU (1) mengambil sebuah instruksi, (2) menerjemahkan (decode) instruksi, (3) mengeksekusi instruksi, dan (4) menyimpan hasilnya. Siklus mesin merupakan rangkaian operasi pemrosesan dasar pada komputer.

Silikon. Elemen yang sering terdapat pada tanah liat atau pasir dan digunakan untuk membuat IC solid-state. Bukan hanya disebabkan oleh jumlahnya yang melimpah sehingga murah, tetapi silicon sendiri memang merupakan semikonduktor. Untuk lmembuat sirkuit elektronik IC, material yang bersifat konduktif cukup ditempatkan di atas silicon.

Sistem biner. Sistem yang digunakan sebagai representasi data di komputer, hanya memakai dua digit: 0 dan 1. Pada komputer posisi 0, berarti listrik mati dan 1 berarti listrik hidup. Jadi semua data dan instruksi program yang ditangani komputer direpresentasikan dengan angka-angka biner.

Sistem clock. Piranti pengatur waktu internal yang menggunakan getaran tetap dari kristal quartz yang bisa memberkan detak digital atau “tick” bagi CPU. “Detak digital” inilah yang dinamakan cycle. Alasan penting: Angka clock speed yang lebih tinggi berarti pemrosesan data dan instruksi program juga dilakukan semakin cepat, sepanjang sirkuit internal komputer mampu menangani peningkatan kecepatan tersebut.

Sistem penyimpanan RAID. Sistem penyimpanan sekunder yang menghubungkan sejumlah Hardisk dalam sebuah wadah tunggal atau tersambung ke rantai SCSI sehingga data dapat dikirim ke komputer melalui beberapa jalur parallel secara simultan. Selain mampu memuat lebih banyak data dalam luas ruang yang sama. RAID juga lebih tanggung disbanding hardisk biasa.

Slot ekspansi. Adalah soket di motherboard sebagai tempat untuk memasang kartu ekspansi. Alasan penting: lihat Kartu ekspansi.

Smartcard. Kartu yang berbentuk seperti kartu kredit, tetapi memiliki mikroprosesor dan chip memori di dalamnya. Ketika dimasukkan ke alat pembaca kartu (card reader), smartcard bisa menstranfer data dari dan ke komputer pusat, tidak seperti kartu kredit konvensional, smartcard mampu memuat lebih banyak data dan juga menyimpan catatan finansial. Oleh karena itu, smartcard bisa dipakai sebagai kartu debit telepon, kartu kesehatan, dan kartu mahasiswa.

Stick memori flash. Berukuran lebih kecil dari permanen karet, stik memori flash merupakan salah satu bentuk media memori flash yang dimasukkan ke port stik memori pada kamera digital, camcorder, laptop, printer foto, dan peralatan-peralatan lain. Stick memori flash mampu menyimpan data hingga 1 gigabyte, mudah dipakai serta nyaman dibawa bepergian.

Terabyte (T, TB). Kira-kira 1 triliun byte (1.009.511.627.776 byte), sebagai ukuran kapasitas penyimpanan. Disk penyimpan berkapasitas sangat besar dinyatakan dalam satuan terabyte.

Track. Lingkaran pada disket tempat data direkam.  Lihat istilah Sektor.

Transistor. Switch listrik mini yang bisa berganti-ganti “on” dan “off” sebanyak ribuan kali per detik. Transistor adalah komponen mikroprosesor.
 
Pertanyaan :
1.Yang merupakan nama lain dari penyimpanan primer pada sistem komputer?
2. Komponen mana yang tidak berada di motherboard yang termasuk pada sistem komputer?
3.Yang berfungsi untuk menangani data dan instruksi yang akan segera dipakai oleh CPU?
4. Apa yang digunakan untuk mengukur kecepatan prosesor pada mikrokomputer?  
5. Bus ekspansi mana yang khusus dipakai untuk memproses grafis?
6. Apakah motherboard itu?Sebutkan minimal empat komponen motherboard! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INFO IT