Sabtu, 30 November 2013

Belajar Sistem Opersi



Pengenalan ELEMEN-ELEMEN INSTRUKSI MESIN pada pemrograman

Agar dapat dieksekusi, setiap instruksi harus berisi informasi yang diperlukan oleh CPU. Informasi itu dituangkan dalam elcmen-elemen instruksi:
  • Operation Code/Kode Operasi: menspesifikasikan operasi yang akan dilakukan (misalnya, ADD).
    Operasi dispesifikasikan oleh kode biner, yang dikenal sebagai kode operasi, atau opcode.
  • Source Operand Reference/Referensi Operand Sumber: operasi dapat mencakup satu atau lebih sumber, operand merupakan input bagi operasi.
  • Result Operand Reference/Reference Operand Hasil: operasi dapat membuat hasil operasi.
  • Next Instruction Reference/Reference Operand Selanjutnya: elemen ini memberitahu CPU posisi instruksi berikutnya yang harus diambil setelah menyelesaikan eksekusi suatu instruksi.
Sumber dan hasil operand dapat berada di salah satu dari ketiga daerah di bawah ini:
  • Memori utama atau memori virtual: dengan referensi alamat berikutnya, maka alamat memori utama atau virtual harus diketahui.
  • Register CPU: instruksi harus diberi nomor register yang dimaksud.
  • Perangkal I/O: instruksi harus menspesifikasikan modul I/O yang diperlukan


REPRESENTASI INSTRUKSI

Dalam komputer, instruksi direpresentasikan oleh sekumpulan bit. Dalam penulisan format instruksi (instruction format) biasanya dibagi dalam beberapa kolom berkaitan dengan elemen-elemen yang akan mengisi instruksi.

Apa Itu Mnemonic?
singkatan-singkatan yang mcngindikasikan suatu operasi yang merupakan representasi dari opcode.
Contoh:
Mnemonic
ADD
Add (penambahan)
SUB
Substract (pengurangan)
LOAD
Muatkan data dari memori
INC
Increment (penambahan dengan satu)

Mnemonic
Operand
ADD
A
Artinya menambah secara langsung 8 bit data ke dalam isi akumulator dan menyimpan hasil di akumulator.
Operand juga dapat direpresentasikan secara simbolik.
Misalnya:
Mnemonic
Operand
ADD
R,Y
Artinya tambahkan nilai lokasi Y ke isi register R F'emrogram dapat mendahului dengar definisi-definisi: X = 513,Y = 514, dst. Program akan mengkonversikan opcode dan refercnsi operand menjadi bentuk biner, akhirnya akan membentuk instruksi mesin biner. 
JENIS-JENIS INSTRUKSI 
  •  Data Processing/Pengolahan Data: instruksi-instruksi aritmetika dan logika.
  • Data Storage/Penyimpanan Data: instruksi-instruksi memori.
  • Data Movement/Perpindahan Data: instruksi I/O.
  • Control/Kontrol: instruksi pemeriksaan dan percabangan.
Instruksi aritmetika (arithmetic instruction) memiliki kemampuan untuk mengolah data numeric. Sedangkan instruksi logika (logic instruction) beroperasi pada bit-bit word sebagai bit, bukan sebagai bilangan. Operasi-operasi tersebut dilakukan terutama dilakukan untuk data di register CPU.

Instruksi-inslruksi memori diperlukan untuk memindah data yang terdapat di memori dan register.

Instruksi-instruksi I/O diperlukan untuk memindahkan program dan data kedalam memori dan mengembalikan hasil komputasi kepada pengguna.

Instruksi-instruksi control digunakan untuk memeriksa nilai data, status komputasi dan mencabangkan ke set instruksi lain.
 

JENIS-JENIS OPERASI

Jumlah opcode suatu mesin akan sangat berbeda dengan jumlah opcode mesin lainnya. Akan tetapi, jenis operasi pada semua mesin memiliki kesamaan.
Penggolongan jenis operasi yang umum adalah sebagai berikut: 
  • Operasi Transfer Data
  • Operasi Aritmetika
  • Operasi Logika
  • Operasi Percabangan
  • Operasi Pemindahan Kontrol
  • Operasi I/O
Kumpulan instruksi-instruksi ini dikenal dengan set instruksi.


BAHASA PEMROGRAMAN

Bahasa pemrograman adalah bahasa-bahasa yang digunakan oleh seorang untuk programer membuat program-program aplikasi sistem komputer maupun sistem mikrokontroler.
Sekarang ini telah banyak bahasa-bahasa pemrograman yang telah kita kenal mulai dari bahasa assembler sampai dengan bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti, delphi, C++, Pascal, dan lain-lain.



EKSEKUSI PROGRAM

Prosesor dari sebuah komputer hanya dapat mengeksekusi program yang menggunakan instruksi-instruksi yang dapat dikenalinya.
Instruksi-instruksi tersebut adalah instruksi mesin. Instruksi mesin ini berupa kode-kode biner.

Bagaimana program dieksekusi?

Semua bahasa pemrograman, baik bahasa assembler maupun bahasa tingkat tinggi yang digunakan akan dirubah menjadi bentuk kode biner oleh sebuah compiler yang biasanya sudah tersedia dalam sebuah bahasa pemrograman, kemudian disimpan dalam memori program.
Address
(hex)
Kode biner
2000
00111110
2001
10110100
2002
00101111
2003
00110010
2004
00000000
2005
00100001
2006
01110110
2007
-
-
-
-
-

Listing memori program
Address
(hex)
Op Code
(hex)
Mnemonic
Operand
Uraian

2000
2001
2002
2003
2004
2005
2006

3E
B4
2F
32
00
21
76

MVI

CMA
STA


HLT
A,B4H


2100H


Isi akumulator dengan data B4
komplemen isi akumulator
simpan hasil di alamat memori 2100H

berhenti

KODE BINER ASCII (American Standart Code for Information Interchange)
Karakter
ASCII
Karakter
ASCII

Space

!
"
£
$
%
&
'
(
)
*
+
,
-
.
/
0
1
2
3
4

5
6
7
8
9

010 0000
010 0001

010 0010
010 0011
010 0100
010 0101
010 0110
010 0111
010 1000
010 1001
010 1010
010 1011
010 1100
010 1101
010 1110
010 1111
011 0000
011 0001
011 0010
011 0011
011 0100

011 0101
011 0110
011 0111
011 1000
011 1001

A

B
C
D
E
F
G
H
I
J
K
L
M
N
O
P
Q
R
S
T

U
V
W
X
Y
Z

100 0001
100 0010
100 0011
100 0100
100 0101
100 0110
100 0111
100 1000
100 1001
100 1010
100 1011
100 1100
100 1101
100 1110
100 1111
101 0000
101 0001
101 0010
101 0011
101 0100

101 0101
101 0110
101 0111
101 1000
101 1001
101 1010

Tabel Instruksi Set
JENIS
OPERASI
URAIAN
Transfer
data

MOVE
STORE
LOAD
EXCHANGE
CLEAR
SET
PUSH
POP

Memindah data dari sumber ke tujuan
Memindah data dari prosesor ke memori
Memindah data dari memori ke prosesor
Menukar data sumber dengan data tujuan
Memindah data 0 ke tujuan
Memindah data 1 ke tujuan
Memindah data dari sumber ke bagian paling atas stack
Memindah data dari bagian paling atas stack ke tujuan
Aritmatika

ADD
SUBSTRACT
MULTIPLY
DIVIDE
ABSOLUTE
NEGATE
INCREMENT
DECREMENT

Menghitung jumlah dua buah operand
Menghitung pengurangan dua buah operand
Menghitung perkalian dua buah operand
Menghitung pembagian dua buah operand
Mengganti operand dengan nilai absolutnya
Mengganti tanda operand
Menambah 1 ke operand
Mengurang 1 ke operand
Logika

AND
OR
NOT
Exclusive-OR
TEST
COMPARE
SHIFT
ROTATE

Melakukan operasi logika terhadap bit
Meiakukan operasi logika terhadap bit
Melakukan operasi logika terhadap bit
Melakukan operasi logika terhadap bit
Menguji kondisi tertentu; setting flag berdasarkan hasil
Membandingkan logika atau aritmatika dua buah operand
Menggeser bit ke kanan/kiri
Menggeser ke kanan/kiri dengan ujung terjalin
Pemindahan
kontrol

JUMP
JUMP Bersyarat
JUMP ke Subrutine
RETURN
EXECUTE
HALT
WAIT
NO OPERATION

Pemindahan tanpa syarat
Pemindahan dengan syarat
Melompat ke program lain diluar program utama
Kembali ke program utama, biasanya akhir dari subi utin
Mengambil operand dari lokasi tertentu dan mengeksekusi
Menghentikan eksekusi program
Menghentikan eksekusi, melanjutkan program bila syarat terpenuhi
Tidak ada operasi tapi eksekusi jalan terus
Input/
output

INPUT (read)
OUTPUT(write)
START I/O
TEST I/O

Memindah data dari perangkat I/O ke alamat tertentu
Mengirim data dari sumber tertentu ke perangkat I/O
Memindah instruski ke prosesor I/O untuk mengawali operasi I/O
Mengirim status dari sistem I/O ke tujuan tertentu



Untuk mengetahui tentang prinsip dasar komputer dan bagaimana komputer bekerja, perlu diketahui tentang hal-hal berikut:


Bagaimana instruksi program diubah menjadi instruksi mesin?

Setiap huruf yang membentuk instruksi (Mnemonic) dari bahasa pcmrograman mempunyai kode biner yang biasanya menggunakan standar
ASCII. Kode-kode biner dari huruf tersebut kemudian ditranslasikan menjadi bentuk biner.

Contoh: instruksi CMA ; komplemenkan isi akumulator 

Bentuk fisik saja tidak dapat disebut sebagai manusia hidup secara normal. Untuk dapat disebut manusia yang hidup maka perlu adanya roh atau nyawa, sebagai bentuk non-fisik. Bentuk non-fisik lainnya seperti akal pikiran dan perasaan yang akan memperkerjakan bagian-bagian fisik untuk aplikasi atau aktifitas tertentu sesuai dengan kehendak akal pikiran dan perasaan itu sendiri.
Demikian juga dengan komputer juga mempunyai bagian fisik yang disebut Hardware dan non-fisik yang disebut sebagai Software/Program Komputer.

Sistem operasi (OS): Disebut juga platform perangkat lunak, yang terdiri dari program utama dan program low-level yang mengatur operasi dasar komputer. Alasan penting: Sistem operasi menyediakan layanan kontrol terhadap sumber daya komputer. Secara khusus, sistem operasi menangani kontrol dan penggunaan sumber daya perangkat keras, termasuk ruang disk, memori, alokasi CPU time, dan perangkat periferal. Setiap komputer multifungsi harus memiliki sistem operasi agar program yang lain bisa berjalan, sehingga anda hanya perlu berkonsentrasi pada aplikasi atau pekerjaan tanpa harus memikirkan kompleksitas pengelolaan komputer.  

Program utilitas: Disebut juga service program, yaitu komponen sistem operasi untuk menjalankan tugas-tugas yang terkait dengan kontrol dan alokasi sumber daya komputer. Alasan penting: Program ini bermanfaat untuk meningkatkan fungsionalitas sumber daya yang telah ada atau memberikan layanan baru yang tidak disediakan oleh perangkat lunak sistem. Kebanyakan komputer memiliki utilitas bawaan sebagai bagian dari perangkat lunak sistemnya; semisal back-up data, kompresi file, pemulihan data yang hilang, proteksi terhadap virus, defragmentasi file, dan detektor masalah perangkat keras (check disk). 

Jawab dengan singkat pertanyaan ini :
  1. Kesalahan dalam pemrograman yang disebabkan oleh penggunaan struktur kontrol yang tidak benar disebut sebagai apa .
  2. Perangkat CASE program yang mengotomatisasi berbagai aktivitas SDLC – digunakan hanya dalam Fase 3, mengapa.
  3. Empat metode implementasi sistem adalah langsung paralel , bertahap , dan pilot, jelaskan.
  4. Ada empat generasi bahasa pemrograman, jelaskan.
 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INFO IT