Selasa, 21 April 2009

Sistem Komputer

Piranti Keluaran (Output devices)

Istilah output unit didalam komputerisasi terdiri dari 2 jenis pengertian,yaitu:

1.Output

adalah kata pengganti dari pada hasil penggolahan apakah informassi atau hasil lainnya

2.Output device

adalah alat yang menerima hasil penggolahan dari CPU melalui main storage dan akan menghasilkan output.Jadi Output device adalah alat untuk menghasilkan Output

Berdasarkan hasil keluarannya,peranti keluaran dapat digolongkan menjadi:

1.Softcopy

2.Hardcopy

Jenis-jenis Output yaitu:

1,Visual Display (Monitor)

a) Ukuran monitor

  • Standar (14-16 inci)
  • Besar (> 17 inci)

b) Terdapat berbagai standar dalam kualitas gambar yang didasarkan pada resolusi,

Seperti:

  • CGA (Colour Graphics Adapter) 640x200 piksel
  • EGA (Enhanced Graphics Adapter)640x480 piksel
  • VGA (Video Graphics Array)640x480 piksel
  • SVGA (Super Video Graphics Array)800x600 dan 1024x768 piksel
  • XGA (Extended Graphics Array)2048x2048 piksel

c) Dot Pitch (dp)

Menunjukkan jarak antara dua piksel,semakin dekat jaraknya,maka gambar pada monitor akan semakin halus.

d) Kecepatan Refresh

Menunjukkan jumlah pemayaran ulang piksel perdetik.Semakin tinggi kecepatan Refresh maka tampilan dilayar akan terlihat lebih nyata.Kecepatan Refresh dinyatakan dalam besaran Hertz.

e) Interlaced dan Non Interlaced

  • Interlaced monitor adalah jenis monitor yang menampilkan informasi dalam layar melalui dua tahapan
  • Non Interlaced monitor adalah jenis monitor yang menampilkan informasi dalam layar melalui satu tahapan

Efek dari Interlaced adalah kerdip,yang dapat melelahkan mata dan tentu saja

mempengaruhi kualitas penyajian informasi

f) Graphics standar

  • Monochrome 1 bit colour,2 colour
  • CGA 2 bit colour,4 colour
  • EGA 4 bit colour,16 colour
  • VGA 4 bit colour,16-256 colour
  • SVGA 8 bit colour,256 colour
  • XGA 24 bit colour,16,7 juta colour

g) Warna monitor jenisnya

  • Monokrom display

Monokrom warna yang paling popular adalah hijau,kuning,dan putih setiap piksel terdiri dari satu dot (titik),sehingga memberikan image yang lebih tajam.Monitor monokrom mempunyai fosfor warna tunggal (putih)

  • Warna/RGB display

Warna monitor ditentukan oleh warna fosfor pada layar CRT,setiap piksel terbentuk dari 3 titik.Monitor warna menggunakan gabungan 3 fosfor berwarna merah,hijau dan biru (Red,Green,Blue__RGB)Gabungan 3 fosfor membentuk satu piksel maka terdapat 3 pancaran bagi 3 warna yang menembak dan kekuatan-kekuatan lain untuk membentuk warna-warna yang berlainan.

h) Terdapat 2 jenis unit layar tampilan yang biasadigunakan untuk komputer yaitu:

1) Layar monitor yang berbentuk pipih atau sering disebut monitor kristal cair (liquid Crystal Display/LCD)kebanyakkan digunakan untuk notebook tapi saat ini juga digunakan untuk PC

  • Jenis LCD biasa ,berteknologi model penyinaran belakang (barklit)

Dan penyinaran samping (sidelit)

  • LCD TFT (Thin Film Transistor)atau matriksaktif,setiap piksel dikendalikan oleh satu transistor

2) Layar monitor tabung atau CRT (Cqathode Ray Tube) bentuknya seperti layar

televisi yang digunakan untuk komputer jenis desktop atau PC

i) Monitor Plasma dan Electroluminescent

Monitor plasma menggunakan gas untuk mengeluarkan cahaya.Monitor electroluminescent (EL) menggandung bahan yang bercahaya manakala dialiri arus listrik

2.Printer

adalah piranti yang biasa digunakan untuk membuat cetakanpada kertas.

Berdasarkan teknologi pencetakkanya dikelompokkan menjadi:

  • Impact
  • Thermal
  • Inkjet
  • Laser
  • Multifungsi

1)Printer Impact

Printer ini sering disebut juga hammer,pencetakkanya dilakukan dengan memukulkan

Kelompok pin (jarum)ke pita tinta.Jumlah pin yang ada berkisar antara 9 hingga 24 pin

Yang termasuk dalam kategori Printer Impact adalah:

  • Dot matrix adalah printer yang menggunakankan kepala cetak berupa sekumpulan jarum
  • Daisy wheel adalah printer yang menggunakan roda yang berisi karakter-karakter
  • Line printer adalah printer yang menggunakan mencetak satu baris perwaktu

2)Printer Thermal

Merupakan keluaran yang cetakkannya berkualitas tinggi.Printer thermal memerlukan

Kertas berlapis lilin atau paraffin dan panas yang akan membakar titik-titik pada kertas khusus tersebut.Untuk cetakkan hitam putih,printer thermal tak memerlukan kertas lilin.Printer ini banyak digunakan untuk mencetak foto,cover CD,dan membuat cetakan-cetakan yang diinginkan bercitra eksklusif

3)Printer Ink jet

adalah printer yang memberikan cetakkan dengan cara menyemprot titik-titik tinta yang bermuatan listrik kekertas cetakkan.Printer ini menghasilkan cetakkan berwarna dan hitam putih.Printer Ink jet digunakan untuk mencetak pada kertas biasa atau plastik khusus yang digunakan untuk bahan presentasi.

4)Printer Laser

Adalah printer yang dirancang untuk mainframe memiliki kecepatan sekitar 229 halaman permenit,sedangkan printer untuk PC memiliki kecepatan sekitar 4 sampai dengan 25 halaman permenit.

5)Printer Multifungsi

Adalah printer yang memiliki berbagai fungsi misalnya memiliki kemampuan sebagai mesin fotocopy,scanner,mesin fax.Nnamun bila rusak maka seuanya tak dapat bekerja

3.Plotter

Adalah piranti keluaran yang dapat menghasilkan grafik atau gambar dengan kualitas tinggi dan berwarna.Plotter sering digunakan untuk membuat peta,gambar-gambar arsitektur atau ilustrasi tiga dimensi.

Berdasarkan prinsip kerjanya dibagi menjadi:

· Plotter pena

· Plotter elektronis

· Plotter thermal

· Plotter pemotong

· Plotter format lebar

1)Plotter Pena

Plotter pena memiliki satu pena atau sejumlah pena berwarna-warni

untuk

menggambar pada kertas atau plastik transparan,keluaran plotter berupa

garis kontiyu.

2)Plotter Elektrostatis

Pada plotter ini kertas diletakkan pada tempat datar seperti meja,kemudian keluaran

dibuat dengan prinsip kerja seperti mesin foto copy

3)Plotter Thermal

Menggunakan pin yang dipanasi secara elektronis.Plotter thermal dapat digunakan

pada kertas maupun film buram

4)Plotter Pemotong

Plotter jenis ini dapat sekaligus memotong vinily,karet,gabus dan lain-lain.Contoh

pemanfaatannya pada industri sepatu atau industri pakaian,untuk memotong pola

atau bahan sekaligus

5)Plotter Format Lebar

Plotter ini biasa digunakan oleh perusahaan grafis,karna plotter jenis ini dapat

membuat cetakkan berwarna dalam kertas yang sangat lebar

5.Computer Output Microfilm (COM)

Adalah piranti yang dapat menghasilkan gambar dalam gulungan microfilm

atau pada microfriche yang berisi banyak hal dalam setiap lembar

6.Audio

Dapat menghasilkan suara digital hingga musik.Piranti ini memerlukan kartu

suara,Perangkat lunak dan Speaker sebagai alat untuk menghasilkan audio.

Fisika Muatan Listrik

HUKUM COULOMB

Kandungan inti materi biasa disebut massa dalam konsep mekanika tetapi dalam konsep listrik disebut muatan. Muatan terbagi dalam 2 jenis muatan negatif. Kedua jenis muatan tersebut ditemukan oleh Benjamin Franklin pada tahun 1705 – 1790. Muatan yang sejenis akan tolak menolak sementara muatan yang tidak sejenis akan tarik – menarik.semua itu dapat kita ketahui melalui beberapa percobaan misalnya denagn menggantungkan tongkat plastik yang sudah bermuatan pada sanggurdi jika di dekatkan dengan tongkat lain yang bermuatan sama maka tongkat – tongkat itu akan saling menolak / berjauhn sedangkan jika kita menggosok sebuah mistar mika dengan kain sutra & mendekatkan mistar tersebut dengan tongkat yang digantung maka mistar & tongkat akan saling menarik / berdekatan.

Seperti yang kita ketahui,semua benda terbuat dari atom & atom itu terdiri dari elektron yang bermuatan negatif yang mengitari proton (Inti akan bermutan negatif ) dan neutron ( yang tidak bermuatan ). Suatu benda dikatakan positif apabila benda tersebut kekurangan elektron sedangkan benda dikatakan negatif apabila benda tersebut kelebihan elektron. Tetapi benda yang memiliki muatan positif yang sama dengan jumlah muatan negatifnya maka benda itu disebut benda netral. Elektron itu sendiri adalah materi penyusun muatan yang dapat dengan mudah di pindahkan dari satu benda ke benda lain. Elektron juga bisa berpindah dalam benda yang sama misalnya dalam kawat tembaga namun elektron tidak dapat dimusnahkan / dihancurkan karna elektron berbentuk ion – ion negatif yang akan berubah menjadi ion bermuatan positif apabila dipindahkan dari sebuah atom.

Sebuah benda yang memiliki muatan baik itu muatan positif maupun negatif, pasti meiliki gaya listrik & gaya listrik sangat dipengaruhi oleh perbedaan jarak. Semakin jauh jarak tersebut mak listriknya akan melemah, sebaliknya semakin dekat jarak tersebut listriknya semakin kuat. Sebagai contoh kita dapat mencoba salah satu percobaan yang dapat kiat lakuakn di rumah kita masing-masing yaitu melalui sisir plastik yang habis kita pakai akan memiliki muatan negatif & jika didekatkan dengan potongan-potongan kertas maka sisir plastik itu akan menarik proton ( muatan positif) kertas yang mengakibatkan potongan-potongan kertas tersebut akan menempel pada sisir plastik. Tetapi jika sisir plastik tersebut di dekatkan dengan potongan-potongan kertas dengan jarak yang lumayan jauh maka potongan-potongn kertas tersebut tidak akan menempel pada sisir palstik karna gaya listriknya yang melemah.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Charles Augustin de Coulomb pada tahun 1736-1806 dengan menggunakan neraca puntir, disimpulkan bahwa gaya tarik atau gaya tolak antara dua benda yang bermuatan sebanding dengan muatan-muatannya dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara kedua muatan seperti gravitasi. Oleh sebab itu, hukum Coulomb untuk gaya-gaya listrik statik sangat mirip dengan Hukum Gravavitasi Newton hanya saja gaya Coulomb merupakan besaran vektor, yaitu suatu besaran yang memiliki nilai dan arah. Apabila muatan benda sejenis, maka arah gaya Coulomb akan saling menolak atau menjauh. Sebaliknya, apabila muatan benda tidak sejenis, maka arah gaya Coulomb akan saling menarik atau mendekat. Namun, pada dasarnya bentuk Rumus Hukum Coulomb dan Hukum Gravitasi Newton hampir sama hanya saja gaya Coulomb menggunakan “k” untuk konstanta (Nm2C-2) dan “Q” atau “q” untuk muatan sedangkan gaya gravitasi menggunakan “G” untuk gravitasi (Nm2kg-2). Walaupun begitu, tetap saja gaya Coulomb dan gaya Gravitasi berbeda karena gravitasi selalu menarik akan tetapi gaya listik dapat menarik dan menolak.

Catatan :

  1. Hukum Coulomb hanya berlaku untuk muatan titik atau ukuran muatan jauh lebih kecil daripada jarak kedua muatan.
  2. Tetapan Σo (permitivitas hampa) hanya digunakan jika muatan-muatan tersebut berada dalam ruang hampa atau udara.
  3. Hukum Coulomb berlaku untuk setiap pasangan muatan titik.
  4. Persamaan untuk F tersebut hanya memberikan besar gaya F (tidak melibatkan arah gaya) karena itu harus positif.
  5. Arah gaya F pada suatu muatan ditentukan oleh jenis tandanya dan tanda pasangan yang melakukan gaya padanya.

Interaksi Manusia & Komputer (Pendahuluan)

Pengertian Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi Manusia dan Komputer merupakan studi tentang interaksi antara manusia, komputer dan tugas/task. Bagaimana manusia dan komputer secara interaktif melaksanakan dan menyelesaikan tugas/ task dan bagaimana sistem yang interaktif itu dibuat.
Sistem Komputer dan Peranan Manusia di Dalamnya
Sistem komputer terdiri dari tiga aspek, yakni aspek perangkat keras (hardware), aspek perangkat lunak (software), dan aspek manusia (brainware). Ketiga aspek tersebut harus saling bekerjasama agar sebuah sistem komputer dapat bekerja dengan sempurna. Dengan kata lain, untuk dapat merancang sebuah sistem interaksi manusia dan komputer yang sempurna maka perancang tidak saja harus mengetahui aspek teknis dari sistem komputer tersebut, tetapi juga harus mengerti bagaimana manusia mengolah informasi. Untuk tujuan ini komputer biasanya dimodelkan dengan suatu kombinasi antara pengolah pusat dengan memori asosiatif serta pengontrol peranti masukan/keluaran sehingga komponen-komponen itu dapat saling berkomunikasi dan juga untuk sarana komunikasi dengan dunia nyata. Seperti yang kita ketahui juga, manusia merupakan mahluk hidup yang dapat merasakan dunia nyata dengan menggunakan peranti yang lazim dikenal dengan panca indra – mata, telinga, hidung, dan kulit – sehingga lewat komponen panca indra inilah kita dapat membuat model manusia sebagai pengolah informasi, meskipun banyak keterbatasan, dan hanya bekerja pada kondisi yang sangat terbatas. Untuk lebih jelasnya marilah kita mencoba mengamati panca indra, khususnya penglihatan dan pendengaran, yang sedikit banyak akan berpengaruh pada perancangan interaksi manusia dan komputer.
Perbandingan Kecakapan Manusia dan Komputer yang perlu dipahami, agar menciptakan Antar Muka yang lebih Baik :
Slide 1
Kecakapan Manusia
Kecakapan Komputer
Estimasi
Kalkulasi akurat
Intuisi
Deduksi logika
Kreatifitas
Aktifitas perulangan
Adaptasi
Konsistensi
Kesadaran serempak
Multitasking
Pengolahan abnormal/perkecualian
Pengolahan rutin
Memori asosiatif
Penyimpanan dan pemanggilan kembali data
Pengambilan keputusan non-deterministik
Pengambilan keputusan deterministik
Pengenalan pola
Pengolahan data
Pengetahuan duniawi
Pengetahuan domain
Kesalahan manusiawi
Bebas dari kesalahan

INFO IT